Dayah Babussalam Matangkuli-Aceh Utara

Tgk.H. Sirajuddin Hanafi SUASANA sepi membekap Kompleks Dayah Babussalam di Desa Blang, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Maklum, seb...

Tgk.H. Sirajuddin Hanafi
SUASANA sepi membekap Kompleks Dayah Babussalam di Desa Blang, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Maklum, sebagian santri memasuki liburan bulan Ramadhan dan memilih pulang ke kampung halamannya. Sementara sebagian lagi sedang sibuk dengan safari Ramadhan, dan sebagian sedang beristirahat di kamar masing-masing.

Dayah itu didirikan Tgk H Hanafi, tahun 1972. Awalnya, dayah itu hanya berbentuk balai pengajian sederhana. Seiring perkembangan waktu, pengurus sepakat mendirikan dayah. Pada tahun 1992, dayah tersebut berganti nama menjadi Babussalam Putra. Perubahan nama itu karena di tahun yang sama didirikan Dayah Babussalam Putri yang berada di Desa Teupin Keubeu, Kecamatan Matangkuli.

Pada tahun 2006, dayah tersebut kembali berganti nama menjadi Dayah Babussalam. “Tahun 2006, kita sepakat juga menerima santri yang perempuan. Jadi, tidak mungkin menggunakan nama Babussalam Putra lagi. Sehingga, kita ganti menjadi Babussalam,” ujar Pimpinan Dayah Babussalam, Tgk H Sirajuddin Hanafi.

Dayah tersebut merupakan salah satu dayah salafi yang masih eksis di Aceh Utara. Saat ini, dayah memiliki 600 santri dengan pengajar 52 orang. Sejak usai subuh sampai pukul 24.00 WIB, kegiatan mengaji kitab-kitab kuning digelar di dayah itu. “Mereka hanya istirahat ketika jadwal shalat dan makan. Selebihnya terus mengaji,” ujar Waled--panggilan akrab Tgk H Sirajuddin Hanafi.

Ia berharap alumni dayah ini bisa melanjutkan tradisi mengajar mengaji di kampung-kampung sesuai kemampuannya masing-masing. 

“Minimal mereka bisa mengajar di balai pengajian, atau membuka dayah sendiri. Sehingga, ilmu yang mereka terima di dayah ini bisa disampaikan kepada masyarakat,” sebut Waled. 

Kini, dayah itu terus berbenah mendidik anak bangsa agar paham ilmu agama, terutama santri yang mahir membaca kitab kuning. [baleeipsa.com]

profil dayah
- Nama: Dayah Babussalam
- Alamat: Desa Blang, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara
- Berdiri: tahun 1972
- Pendiri: Tgk H Hanafi
- Santri: 600 orang
- Ustaz/Ustazah: 52 orang
- Pemondokan: 60 Kamar
- Pimpinan Dayah: Tgk Sirajuddin Hanafi

sumberaceh.tribunnews.com

Related

Video 646828664166548375

Posting Komentar

  1. Assalamualaikum
    Apakah saya boleh bertanya? Jika boleh saya mau bertanya apa saya bisa mendaftar jadi santri untuk beberapa bulan?

    BalasHapus

emo-but-icon

Pendiri Dayah Babussalam

Pendiri Dayah Babussalam
Tgk. H. Hanafi (Abi Matangkeh)

Tgk H Sirajuddin, Pimpinan

Tgk H Sirajuddin, Pimpinan

Visi Misi Dayah Babussalam

Visi Misi Dayah Babussalam

Terbaru

Terpopuler

Comments

Meu Ulang Kitab

Meu Ulang Kitab
Meu Ulang Kitab

Pembukaan Lomba Pidato

item