Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah Padukan Metode Belajar Kampus dan Dayah

Metode belajar di kampus umumnya bersifat tematik. Setiap tema yg telah ditentukan melalui silabus dikupas melalui makalah. Sedang ...




Metode belajar di kampus umumnya bersifat tematik. Setiap tema yg telah ditentukan melalui silabus dikupas melalui makalah. Sedang metode belajar di dayah-dayah umumnya yaitu talaqqi. Kitab dibaca baris perbaris.

Pada jenjang Ma'had Aly (Dayah Manyang), kita coba padukan kedua metode ini. Santri ditekankan untuk membuat makalah dan mempresentasikannya. Namun, isi makalahnya adalah penjelasan dari sejumlah kitab. Artinya, mereka membuat makalah namun makalah yg ditulis baru bisa ditulis kalau mereka sudah membaca baris per baris isi kitab.


Plus, mereka dibiasakan untuk memberikan argumentasi sendiri dlm makalahnya. Hebatnya, mereka menulis makalah dg pulpen mereka. Bukan mereka tidak mau nulis di laptop, tapi beginilah keadaan sementara. Belum ada laboratorium komputer.

Selain itu, di Dayah Babussalam Matangkuli para santri baru bisa gunakan Hp/laptop jika sudah kelas 8. Artinya mahasantri sekalipun belum bisa gunakan Hp/laptop jk belum kelas 8.

Namun keadaan ini bnyk sisi positif. Dengan menulis makalah dg pulpen sangatlah bnyk manfaatnya. Perjuangan lebih terasa. Berat tapi indah. Sulit, tapi manfaat lebih banyak.


Sejumlah mahasantri menceritakan fase baru studi mereka yg sangat menantang di jenjang Ma'had Aly ini. Mereka dapat menggali banyak ilmu. Insya Allah apa yg menjadi cita-cita akan bisa dicapai!

Catatan
Teuku Zulkhairi
Mudir Ma'had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah

Related

Ma'had 'Aly 7451993943805920466

Posting Komentar

emo-but-icon

Pendiri Dayah Babussalam

Pendiri Dayah Babussalam
Tgk. H. Hanafi (Abi Matangkeh)

Tgk H Sirajuddin, Pimpinan

Tgk H Sirajuddin, Pimpinan

Visi Misi Dayah Babussalam

Visi Misi Dayah Babussalam

Terbaru

Terpopuler

Comments

Meu Ulang Kitab

Meu Ulang Kitab
Meu Ulang Kitab

Pembukaan Lomba Pidato

item