Setelah Mendampingin Presiden, Menteri Agama bekunjung ke Matangkuli

LHOKSUKON -  Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi pada Sabtu (22/2/2020) sore menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kabupa...


LHOKSUKON - Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi pada Sabtu (22/2/2020) sore menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kabupaten Aceh Utara setelah mendampingi Presiden RI Joko Widodo yang berkunjung ke Bireuen.

Ini adalah kunjungan perdana pria asal Aceh tersebut setelah dilantik Jokowi menjadi menteri Agama.

Kemudian dari Bireuen Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi bersilaturrahmi dengan masyarakat Kecamatan Matangkuli, dan Dayah Babussalam Alhanafiyyah Matangkuli Kabupaten Aceh Utara.

Kedatangan Menteri Agama tersebut disambut langsung tokoh ulama, masyarakat, Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin dan puluhan santri di Masjid Raya Al Khalifah Ibrahim Matangkuli.

Silaturahmi tersebut juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Aceh Drs H Djulaidi Kasem Aceh, Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Aceh H Saifuddin SE, Kepala Kemenag Aceh Utara H Salamina MA, Pimpinan Dayah Babussalam Al-Hanafi Kecamatan Matangkuli Waled H Sirajuddin Hanafi, dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutan singkatnya pada kesempatan tersebut Fachrul Razi bercerita tentang masalah kerukunan dan toleransi di Indonesia, khususnya di Provinsi Aceh dan pentingnya menyatukan Islam dengan kebangsaan.

“Masalah toleransi dan kerukunan, Aceh jangan diragukan lagi. Bahkan, sudah terpelihara sejak dulu. Apalagi pada saat para pahlawan Aceh berjuang merebut kemerdekaan,” kata Menteri Agama
Fachrul menceritakan, dirinya telah mengunjungi sejumlah negara Islam Arab seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk mengkaji cara beragama di negara-negara Islam itu.

Menurutnya, negara-negara tersebut sangat menjunjung tinggi nilai toleransi dan juga semangat kebangsaan tanpa meninggalkan identitas keislaman.

“Pada hakikatnya nilai-nilai tersebut telah lama dipraktikkan oleh pahlawan-pahlawan Indonesia di masa lalu saat menghadapi penjajahan,” ujar Fachrul Razi.
Sementara itu Plt Kanwil Kemenag Aceh Drs Djuladi Kasem mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama RI yang telah meluangkan waktu mengunjungi Matangkuli di tengah padatnya kegiatan Menteri di Aceh.

"Aceh Utara ini adalah kota pendidikan dimana ada tiga Mahat Aly disini, dan satu Dayah Pendidiian Diniyah Formal (PDF) terletak di sini," ujar Djuladi

Menag dijadwalkan kembali ke Banda Aceh, hari ini Sabtu (22/2) sore dan Selanjutnya pada Minggu pagi, Menteri Agama akan kembali ke Jakarta. 

Posting Komentar

emo-but-icon

Pendiri Dayah Babussalam

Pendiri Dayah Babussalam
Tgk. H. Hanafi (Abi Matangkeh)

Tgk H Sirajuddin, Pimpinan

Tgk H Sirajuddin, Pimpinan

Visi Misi Dayah Babussalam

Visi Misi Dayah Babussalam

Terbaru

Terpopuler

Comments

Meu Ulang Kitab

Meu Ulang Kitab
Meu Ulang Kitab

Pembukaan Lomba Pidato

item